berita-details
23 Jun 2020

Tunjang Kinerja, Pemkab Kubar Berikan Bantuan kepada Petani dan PPL

SENDAWAR- Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian (Distan) Kubar kembali memberikan bantuan sarana penunjang kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan sarana produksi pertanian kepada penyuluh dan petani.

Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, dengan bantuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja PPL dan petani dalam meningkatkan produksi serta kualitas hasil pertanian.

“Hal ini guna memenuhi kebutuhan pasar akan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani atau peternak terutama dalam kondisi pandemi Covid-19,”kata Bupati, pada serah terima bantuan kepada PPL dan petani secara simbolis, di Kantor BPP Barong Tongkok Kampung Engkuni Pasek Kecamatan Barong Tongkok, Rabu (17/6/2020).


Lalu, komputer PC, printer, GPS, wireless portable speaker dan kamera digital masing-masing 16 unit untuk 16 BPP yang ada di Kubar. Buku penyuluh 150 pcs untuk seluruh PPL yang ada di Kubar, baik PNS, TKK-D maupun THL-TB. PC all in one, UPS, Drone, tablet dan smart TV 50 masing-masing 3 unit untuk tiga BPP kostra tani yakni, BPP Tering, Siluq Ngurai dan Muara Pahu.
Diketahui, penyuluh pertanian di Kubar berjumlah 150 orang terdiri PNS, TKK-D dan THL-TB. Sampai 2019 total kendaraan dinas berupa sepeda motor sebanyak 53 unit telah digulirkan kepada PPL. Namun dalam kondisi layak ada 47 unit dan 6 unit rusak berat.
Pengadaan kendaraan dinas sepeda motor APBD Kubar tahun 2020 berjumlah 24 unit. Sehingga PPL yang belum mendapatkan kendaraan dinas sepeda motor ada 83 orang lagi.
Berikutnya, sarana produksi pertanian yang diberikan berupa, 50 pohon bibit kelengkeng matalada, 67 pohon bibit durian untuk kegiatan DEM area BPP yang diberikan kepada BPP Barong Tongkok, Nyuatan, Damai dan Mook Manaar Bulatn.
Kemudian, 8 ekor bibit ternak sapi, 4 ekor kerbau, 23 ekor babi, 500 ekor itik, 400 ekor ayam petelur, pakan itik 20 sak dan pakan ayam 60 sak. Kemudian vaksin, bibit HMT untuk luasan satu hektare dan satu unit mesin penggiling daging. “Terakhir, 15 ton bibit jagung hibrida yang diperuntukkan bagi petani untuk luas penanaman 1000 hektare,”rincinya. (hms6/naw)


Editor: Achmad Bintoro

Sumber: Tribunnews